Saturday 11 October 2008

Diet Sehat Dengan Buah

BELAKANGAN ini, diet sehat dengan buah semakin banyak digemari. Selain mengenyangkan, buah pun kaya akan manfaat nutrisi dan vitamin.

Wianda, seorang ibu dengan dua buah hati, beberapa hari ini selalu saja resah ketika becermin. Keresahan ibu muda yang baru berusia 35 tahun itu ternyata berawal ketika mematut dirinya di depan cermin yang semakin hari, semakin gemuk saja. Wianda ternyata tak sendiri. Keresahan akan kegemukan membuat banyak wanita merasa tidak cantik. Ribuan masalah yang sama juga dihadapi wanita hampir di seluruh dunia.

Namun, tentu saja kegemukan itu tidak akan terjadi jika setiap orang mempraktikkan gaya hidup yang sehat. Misalnya mengonsumsi makanan kaya serat, buah ataupun berolahraga dengan teratur.

Jika mengonsumsi makanan kaya serat, buah segar ataupun berolahraga teratur, tetap tidak mempan untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Langkah yang perlu dilakukan adalah diet.

Adapun diet yang baik dan benar, sebenarnya adalah pengaturan pola makan yang baik, sehat, dan seimbang. Hal ini meliputi kecukupan nutrisi makro dan mikro yang disesuaikan berat badan, tinggi badan, dan kadar lemak seseorang. Selain itu juga disesuaikan tingkat aktivitasnya.

Program diet pun berlaku untuk setiap orang, kurus, gemuk maupun yang sudah mempunyai berat badan ideal. Namun, pemahaman diet bagi hampir semua orang biasanya diartikan sebagai program atau cara untuk menurunkan berat badan. Jadi pemahaman seperti ini tidak benar karena tiap orang wajib berdiet jika ingin hidup sehat dengan tampilan tubuh yang baik. Jadi memberikan yang terbaik untuk tubuh adalah dengan menjaga keseimbangan antara nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (multivitamin dan mineral), bukan mengurangi atau melebihkan salah satu di antaranya.

Salah satu program diet yang aman bagi tubuh adalah diet dengan mengonsumsi sayuran dan buah segar. Konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah tinggi bahkan dapat menghindarkan dari serangan jantung dan kanker.

"Ada banyak buah yang bermanfaat bagi kesehatan dan banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, misalnya apel. Apel mengandung karbohidrat dan flanovol yang disebut quercetin atau antiradang. Untuk kandungan gizinya, apel mengandung vitamin C," kata Ahli Gizi dan Nutrisi dr Wijanarko Setiawan.

Selain apel, menurut Wijanarko, buah lainnya yang bagus untuk diet adalah stroberi karena banyak mengandung ellagic acid sebagai antioksidan. Dalam beberapa penelitian, ellagic acid terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru. Stroberi juga diyakini mengandung antibakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Buah ini banyak mengandung vitamin C. "Yang tidak boleh ditinggalkan walaupun sedang berdiet adalah olahraga," katanya.

Sumber: OKEZONE.COM

0 comments:

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP